Pengelompokan Tumbuhan dan Hewan (Kunci Dikotom)

Pengelompokan Tumbuhan dan Hewan (Kunci Dikotom)

Adik-adik, setelah kalian belajar mengenai Objek IPA dan Pengamatan, kini saatnya kalian mempelajari pengelompokan tumbuhan dan hewan. Sudah siapkah kalian untuk mempelajarinya? Yuk, kita pelajari.

A. Kunci Determinasi

Para ahli memperkirakan bahwa di dunia ini ada sekitar 100 juta jenis makhluk hidup. Dari jumlah ini, makhluk hidup yang ditemukan dan diberi nama baru sekitar 1,5 juta saja. Sisanya belum ditemukan dan belum diberi nama. Bisa dibayangkan bagaimana repotnya memberi nama ini? Bagaimana jika suatu nama diberikan pada beberapa jenis makhluk hidup? Nah, keadaan inilah yang kemudian membuat para ahli melakukan klasifikasi. 
        Klasifikasi makhluk hidup awalnya dilakukan berdasarkan pada kesamaan ciri yang dimiliki makhluk hidup terhadap yang lainnya. Namanya adalah klasifikasi berdasarkan urutan takson. Semakin ke bawah, semakin banyak persamaan yang dimilikinya dan semakin sedikit perbedaanya. Begitu pula sebaliknya. 
Berikut ini adalah urutan dari kelompok takson tersebut.
        Sekarang, pengklasifikasian sudah banyak dilakukan dengan cara kunci determinasi, sebab metode ini dianggap lebih mudah di dalam pengelompokan ke dalam tingkatan taksonnya. Dasar yang menjadi acuannya adalah kunci dikotom. Kunci dikotom sendiri adalah teknik penentuan kelompok makhluk hidup berdasarkan pilihan dari dua pilihan kontradiktif yang disediakan, kemudian menggiring pada dua pilihan kontradiktif lainnya. Begitu seterusnya sampai diperoleh kelompok takson yang dicari.
Contoh cara membuat kunci determinasi bisa dilihat pada skema di bawah ini.
Data pada skema di atas jika ditulis akan menjadi kunci determinasi sebagai berikut.
1. a. Tumbuhan yang berspora ....................................................................................... 1a
    b. Tumbuhan yang tidak berspora ................................................................................1b
2. a. Tumbuhan yang berbatang jelas ...........................................................................Suplir
    b. Tumbuhan yang tidak berbatang jelas .................................................................Lumut
3. a. Berbiji tertutup ...................................................................................................... 3a
    b. Berbiji terbuka ................................................................................................ Melinjo
4. a. Biji berkeping dua .................................................................................................. 4a
    b. Biji berkeping satu ......................................................................................... Jagung
5. a. Berbunga kupu-kupu ...................................................................................... Kedelai
    b. Berbunga terompet ..........................................................................................Terung

B. Klasifikasi: Monera dan Protista

Monera adalah makhluk hidup bersel satu. Anggota kingdom ini secara umum adalah bakteri dan alga biru.
1. Bakteri mempunyai ciri-ciri bersel satu dengan ukuran sangat kecil. Bentuknya bisa batang, spiral, bulat, atau koma. Tidak mengandung klorofil karenanya dia tidak dapat berfotosintesis. Berkembang biak bisa dengan cara aseksual (membelah diri) dan seksual (transformasi, konjugasi, dan transduksi). Contoh bakteri adalah Mycobacterium tuberculosa.
2. Alga biru (Cyanobacteria) mempunyai ciri-ciri bersel satu atau bersel banyak karena berkoloni membentuk untaian, berwarna biru kehijauan karena mengandung klorofil, serta bisa berkembang biak dengan pembelahan sel, fragmentasi (pemutusan), dan pembentukan spora khusus yang disebut akinet. Contoh alga biru adalah GloeocapsaNostoc, dan Anabaena yang dapat menangkap nitrogen di udara. 
        Protista merupakan makhluk hidup bersel satu yang mempunyai membran inti (eukariotik). Beberapa kelompok protista misalnya AmoebaEuglenaParamacium, danSaprolegnia. Selain yang berukuran sangat kecil, protista ada yang berukuran besar, misalnya alga Merah, alga Hijau, ulva, dan alga cokelat.
        Protista yang menyerupai hewan disebut dengan protozoa. Contoh protozoa ini misalnyaParamaeciumEntamoeba coli, dan Plasmodium malariae.

C. Klasifikasi: Jamur (Fungi)

Jamur merupakan kelompok makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan sisa makhluk hidup lain. Jamur tidak berklorofil, berspora, serta tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Jamur hidup di tempat yang lembap. Bersifat saprofit (hidup dan makan dari bahan organik yang sudah mati/ sudah busuk) dan parasit (hidup dan mengisap makanan dari organisme lain yang ditempelinya). Jamur berkembang biak dengan spora yang dihasilkan oleh sporangium. Contoh jamur adalah jamur roti, ragi tapai, jamur tiram putih, dan jamur kayu.

D. Klasifikasi Tumbuhan

Pengelompokan tumbuhan terbagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu tumbuhan tidak berpembuluh (Thallophyta) yang meliputi lumut (Bryophyta) serta tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) yang meliputi paku-pakuan (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta).

E. Klasifikasi Hewan

Hewan secara umum masuk ke dalam kelompok metazoa yang diklasifikasikan menjadi invertebrata dan vertebrata. Manusia termasuk ke dalam vertebrata.
1. Hewan tidak bertulang belakang (Avertebrata)
Hewan tidak bertulang belakang dikelompokkan menjadi 9 kelompok, yaitu hewan berpori (Porifera), hewan berongga (Coelenterata), cacing pipih (Platyheminthes), cacing gilig (Nemathelminthes), cacing berbuku-buku (Annelida), hewan lunak (Mollusca), hewan berkulit duri (Echinodermata), hewan dengan kaki beruas-ruas (Arthropoda), dan hewan Chordata.
2. Hewan bertulang belakang (Vertebrata)
Hewan bertulang belakang dikelompokkan menjadi 5 kelompok, yaitu mamalia, aves, pisces, amphibia, dan reptilia.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengelompokan Tumbuhan dan Hewan (Kunci Dikotom)"

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete