Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup dibuat berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki oleh suatu organisme. Ilmuwan pertama kali yang melakukan pengklasifikasian pada suatu organisme adalah Karl von Linne (Latin: Carolus Linnaeus). Susunan klasifikasi makhluk hidup dibedakan ciri-cirinya dengan menggunakan tingkatan takson sebagai berikut.
Kingdom - Divisio/Filum - Kelas - Ordo - Famili - Genus - Spesies.
Perkembangan ilmu pengetahuan akhirnya menghasilkan berbagai macam klasifikasi makhluk hidup. Pengklasifikasian makhluk hidup menjadi lima kingdom yang disusun olehWhittaker pada tahun 1969 umum digunakan sebagai penelitian berikutnya. Klasifikasi yang dikemukakan Whittaker meliputi:
1. kingdom animalia;
2. kingdom plantae;
3. kingdom fungi;
4. kingdom protista; dan
5. kingdom monera.
Berikut penjelasan mengenai kingdom-kingdom tersebut.
1. Kingdom Animalia
Semua organisme yang tergolong kingdom Animalia (dunia hewan) memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut.
a. Tubuh tersusun atas banyak sel (multiseluler)
b. Sel penyusun tubuh memiliki mebran nukleus
c. Tidak memiliki dinding sel
d. Bersifat heterotrof
e. Mampu berpindah tempat dan bergerak.
Kingdom animalia dibagi kembali menjadi sembilan buah filum. Masing-masing penjelasannya ada pada bab Klasifikasi Hewan.
2. Kingdom Plantae
Kingdom plantae merupakan kumpulad dari berbagai organisme eukariot multiseluler yang memiliki kemampuan untuk membuat makanan sendiri karena memiliki kloroplas. Di dalam kloroplas terdapat pigmen klorofil yang dapat berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Selain itu, tumbuhan juga memiliki struktur tubuh yang sudah terdiferensiasi membentuk jaringan dan organ tubuh.
3. Kingdom Fungi
Pada umumnya, tubuh jamur tersusun atas banyak sel (multiseluler). Namun, beberapa jenis jamur ada yang memiliki sel tunggal. Contohnya khamir. Tubuh jamur disusun oleh unit-unit yang dinamakan hifa. Hifa adalah sel-sel memanjang seperti benang-benang halus yang memiliki membran sel dan sitoplasma. Hifa jamur tumbuh dan berkembang membentuk miselium yaitu susunan hifa seperti anyaman.
4. Kingdom Protista
Sel protista pertama kali ditemukan oleh Antoni van Leeuwenhoek pada tahun 1674. Ciri-ciri protista sebagai berikut.
a. Terdiri dari sel eukariot.
b. Umumya merupakan organisme uniseluler.
c. Reproduksi secara aseksual dan seksual.
d. Memiliki daur hidup berupa fase haploid dan diploid.
5. Kongdom Monera
Semua organisme yang tergolong dalam kingdom monera memiliki sel prokariotik, bereproduksi secara seksual maupun aseksual.
Tabel 1. Perbedaan Masing-Masing Kingdom

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Klasifikasi Makhluk Hidup"

Post a Comment